Tesis

Deteksi Dini Perubahan Kognitif Pasca-Operasi Coronary Artery Bypass Graft di Pelayanan Jantung Terpadu RSUPNCM = Early Detection of Cognitive Changes in Post – Surgery Coronary Artery Bypass Graft in Pelayanan Jantung Terpadu RSUPNCM Jakarta.

Tujuan: Mendapatkan data nilai insiden postoperative cognitive disorders (POCD) pascaCABG

dan menilai perbandingan penurunan fungsi kognitif pasca-CABG dengan mini mental state examination (MMSE) dan Montreal cognitive assessment versi Indonesia (MoCA-Ina). Tujuan tambahan penelitian ini untuk membandingkan lama waktu pemeriksaan MMSE dan MoCA-Ina, mengetahui korelasi antara MMSE dan MoCA-Ina, dan mengetahui hubungan antara karakteristik subjek dengan POCD pasca-CABG. Metode: Desain pre dan post-test pada sebelum CABG, tiga hari pasca-CABG, dan satu bulan pasca-CABG. Penelitian dilakukan pada 40 subjek yang didapat secara konsekutif, berusia ≥ 40 tahun dan memenuhi kriteria penelitian. Penilaian fungsi kognitif dengan formulir MMSE dan MoCA-Ina. Data demografis dan klinis pasien dikumpulkan dan dicatat. Hasil: Seluruh subjek mengalami penurunan rerata score MMSE dan MoCA-Ina pada sebelum CABG dibandingkan tiga hari pasca-CABG. Terdapat 10 subjek (25%) dengan MMSE, dan 16 subjek (40%) dengan MoCA-Ina yang tergolong POCD pada 3 hari pascaCABG. Seluruh subjek mengalami peningkatan nilai MMSE dan MoCA-Ina pada satu bulan pasca-CABG dibandingkan tiga hari pasca-CABG. Sebanyak 7 subjek (17,5%) dengan MMSE dan 9 subjek (22,5%) dengan MoCA-Ina tergolong POCD pada 1 bulan pascaCABG.
Lama waktu pemeriksaan MMSE lebih singkat hampir dua kali lipat dibandingkan MoCA-Ina (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Neysa Calista - Nama Orang
Widjajalaksmi Kusumaningsih - Nama Orang
Herdiman B. Purba - Nama Orang
Ismail Dilawar - Nama Orang
Mulyadi M. Djer - Nama Orang

No. Panggil
T 15 453 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.,
Deskripsi Fisik
xvi, 68 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15453FKT15453FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Deteksi Dini Perubahan Kognitif Pasca-Operasi Coronary Artery Bypass Graft di Pelayanan Jantung Terpadu RSUPNCM = Early Detection of Cognitive Changes in Post – Surgery Coronary Artery Bypass Graft in Pelayanan Jantung Terpadu RSUPNCM Jakarta.

Related Collection